Blogger Bertuah Promosikan Pariwisata Riau

Blogger Bertuah Promosikan Pariwisata Riau
Wisata tahunan Pacu Jalur dari Kuantan Singingi. Foto: screen capt youtube

jpnn.com - RIAU - Barisan komunitas blogger bertuah ikut berkontribusi mempromosikan beragam wisata Riau ke dunia maya. Puluhan objek wisata yang diekspose komunitas blogger bertuah, kini sudah rutin dikunjungi ratusan ribu pengunjung di channel YouTube. 

"Kalau dulu ingin melihat wisata di Riau di mesin pencari google paling tinggi dua atau tiga saja objek wisata yang ada di Riau. Sekarang sudah banyak. Ribuan anggota kami ingin berkontribusi mengembangkan pasar wisata di Riau,” terang Syahyarwan Zam, dewan penasihat Blogger Bertuah Riau, Senin (16/5).

Jaringan Komunitas Blogger Bertuah tersebar hingga dua negara tetangga. Jumlah anggotanya 1.300 orang. Selain di Riau, anggotanya ada yang berdomisili di Pulau Jawa, Malaysia dan Brunei Darussalam.

Mereka terdiri dari para selebriti dunia maya di bidang travel, seperti travel blogger, fotografer, sampai influencer di media sosial.  

“Kami menulis, memasukkan foto hingga video-video wisata di kabupaten/kota di Riau. Sejak 2011 kami bersama teman-teman bergabung di Bloger Bertuah Riau telah memasukan video di blog. Bahkan telah dibuat Chanel Bertuah TV di Youtube,” tambahnya.

Saat ini, sudah ada 20 objek wisata telah diekspose Blogger Bertuah di YouTube. Durasinya rata-rata 10-15 menit. Dari puluhan video tadi, sudah ada ratusan ribu pengunjung yang sudah menyaksikan Chanel Bertuah TV di Youtube.

Kontribusi Blogger Bertuah tadi diapresiasi Kepala Dinas Pariwisata Ekonomi Kreatif Provinsi Riau, Fahmizal. Menurutnya, keterlibatan para blogger tadi ikut memicu meningkatnya kunjungan wisatawan dari berbagai tempat wisata yang ada di Riau.

Sekadar gambaran, tren kunjungan wisatawan ke Riau terus meningkat. Di 2014, kunjungan turis menembus 48.532 wisatawan manca negara (wisman). 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News