Menpar Resmikan Plataran L'Harmonie di Menjangan

Menpar Resmikan Plataran L'Harmonie di Menjangan
Arief Yahya. Foto: dok/Jawa Pos

jpnn.com - BALI - Menpar Arief Yahya mulai memikirkan keseimbangan Pulau Bali. Senin, (16/5), tokoh Inspiratif BUMN 2016 yang dinobatkan Majalan BUMN Track itu, meresmikan Fasilitas Plataran L'Harmonie di Plataran Menjangan Resort and Spa, Kawasan Taman Nasional Bali Barat. 

Bukan hanya memerhatikan Bali Selatan yang semakin crowded, tetapi juga mendorong ecotourism di sisi lain Negeri Dewata yang pamornya makin ngetop di mata dunia itu. 

Sekitar 16 bulan lalu, persisnya 30 Januari 2015, saat tiga bulan menjabat, Arief Yahya meletakkan batu pertama di kawasan terlindung itu. Kini resort dengan konsep environment friendly itu sudah berdiri cantik, menyatu dengan hutan tropis dan alam yang masih asli. "Konsep resort ini mengandalkan kekuatan alamiah, back to nature. Prinsipnya, semakin dilestarikan, semakin mensejahterakan," kata Menpar Arief Yahya. 

Didampingi Tachrir Fahtoni, Dirjen Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem Kementerian LHK, Yozqua Makes, CEO Plataran, dan David Makes, Direktur PT. Trimbawan Swastama Sejati/TSS, Menpar Arief Yahya memuji kecepatan manajemen group Plataran itu. 

Mereka menepati janjinya, 2016 sudah siap beroperasi. "Saya mengapresiasi kinerja Plataran. Mereka bekerja cepat, tidak lelet dan bisa menepati janjinya," tegas Arief Yahya. 

Lebih lanjut Menpar menyebutkan, "Hanya visi, misi dan aksi yang bisa mengubah dunia. Visi tanpa aksi itu fantasi, aksi tanpa visi itu sensasi. Alias kepentingan sesaat saja," kata Marketeer of The Year 2013 versi MarkPlus itu. 

Dia sangat yakin pendekatan ecotourism adalah benchmark yang paling bagus untuk Sustainable Tourism Development (STD). Karena itulah yang tengah dikembangkan UN-WTO maupun standart penilaian tour and travel index competitiveness World Economic Forum (WEF). 

Memang pengembangan ekowisata itu tidak sama dengan mass tourism yang mengejar jumlah wisman. Di ecotourism ini lebih mencari kualitas wisman dengan value yang lebih besar. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News