5 Kunci Berat Badan Tetap Ideal

5 Kunci Berat Badan Tetap Ideal
Berat Badan. ILUSTRASI. FOTO: Laman Health

jpnn.com - Menjaga berat badan agar tetap ideal bukanlah suatu hal yang mudah dipertahankan, walaupun sudah berhasil didapat. Tentunya peran gen serta gaya hidup yang sehat turut berperan besar dalam upaya menjaga berat badan. Namun, ternyata ada beberapa hal menarik yang bisa membantu Anda tetap memiliki badan langsing.

Tips menjaga berat badan tetap ideal
Beberapa hal berikut ini mungkin tak Anda sangka-sangka. Tapi, berbagai studi telah membuktikan bahwa melakukannya bisa membantu mempertahankan bentuk tubuh ideal.

1. Tinggal dekat pusat kebugaran
Suatu studi dalam jurnal Lancet Public Health menyatakan bahwa individu yang tinggal dalam kawasan 1 km yang sama dengan fasilitas kebugaran seperti gym, kolam renang, dan lapangan olahraga, memiliki berat badan lebih rendah serta lingkar pinggang lebih kecil dibandingkan yang tidak.

Perbedaan ini lebih besar terdapat pada wanita dan mereka yang memiliki pendapatan lebih. Studi ini tidak menyatakan sebab-akibat, namun memperkuat adanya dampak lingkungan yang dibangun, termasuk desain kota terhadap berat badan seseorang.

Studi lain menemukan bahwa lingkungan tempat tinggal yang nyaman digunakan untuk jalan kaki, juga berhubungan dengan berat badan lebih rendah. Studi lainnya juga menyatakan bahwa individu yang tinggal 2 km atau lebih dari restoran cepat saji lebih langsing, dibandingkan dengan mereka yang tinggal dalam radius ½ km. Hal ini terutama terjadi pada wanita.

2. Tidak bisa diam, selalu ada yang dikerjakan
Suatu artikel 10 tahun lalu menemukan bahwa individu dengan aktivitas fisik spontan terbanyak, cenderung memiliki berat badan lebih rendah.

Walaupun karakter tidak bisa diam ini mengandung banyak pengaruh gen serta komponen biologis, meningkatkan aktivitas fisik yang tidak termasuk olahraga seperti berjalan kaki, berdiri, memasak, serta berkebun, memiliki peran penting dalam menjaga berat badan tetap ideal.

Aktivitas fisik ini menyumbang porsi yang signifikan dan bisa dimodifikasi untuk membakar kalori total Anda per harinya, serta membantu untuk tetap langsing. Apalagi, lingkungan modern saat ini telah dipengaruhi oleh penggunaan gawai yang praktis karena dapat mempermudah pekerjaan.

Suatu studi pada 2003 menemukan bahwa dampak mesin yang dapat mengurangi pekerjaan manusia termasuk dishwasher, mesin cuci, eskalator, serta mobil yang dapat menyetir sendiri – memicu pengurangan pembakaran kalori sebanyak 111 kalori dalam sehari.

Tentunya peran gen serta gaya hidup yang sehat turut berperan besar dalam upaya menjaga berat badan. Namun, ternyata ada beberapa hal menarik yang bisa membantu Anda tetap memiliki badan langsing.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News