5 Langkah Mudah Merawat Motor Tetap Prima Selama di Rumah Aja

5 Langkah Mudah Merawat Motor Tetap Prima Selama di Rumah Aja
Ilustrasi layanan servis motor Honda di AHASS. (Foto: Ist/jpnn)

jpnn.com, JAKARTA - Imbauan pemerintah untuk di rumah aja selama wabah corona, membuat kendaraan menganggur di garasi. Kondisi motor diam terlalu lama juga tidak baik.

Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), Endro Sutarno, motor yang lama tidak dipakai juga harus diperhatikan guna menjaga performanya tetap prima.

"Termasuk saat lama tak terpakai di rumah, beberapa hal perlu diperhatikan pemilik. Karena kadang terdapat komponen atau bagian sepeda motor yang butuh diperhatikan saat diam dalam jangka waktu cukup lama, yang dikhawatirkan mempengaruhi kinerja," ungkap Endro dalam keterangan resmi, Senin (30/3).

PT Astra Honda Motor, dalam hal ini membagikan lima tips untuk tetap menjaga kondisi motor saat terparkir di garasi dengan jangka waktu yang lama, agar selalu dalam keadaan prima saat nanti dipakai.

1. Cuci terlebih dahulu

Jika pemilik kendaraan roda dua memang sudah ada rencana atau niatan untuk tidak akan digunakan dalam jangka waktu cukup lama, alangkah baiknya sepeda motor dicuci terlebih dahulu.

"Karena ada beberapa pengendara motor yang harus melewati daerah becek, berbau, kotor, dan berlumpur. Salah satu dari hal tersebut yang mengakibatkan percepatan timbulnya karat dan risiko lain, disinggahi binatang misalnya, atau berpotensi merusak komponen," kata Endro.

2. Beri pelumas pada bagian yang mudah karat

Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), Endro Sutarno, motor yang lama tidak dipakai karena di rumah aja, juga harus diperhatikan guna menjaga performanya tetap prima.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News