Rabu, 22 Mei 2019 – 04:03 WIB

5 Penyebab Rambut Beruban Lebih Cepat

Kamis, 09 Mei 2019 – 23:19 WIB
5 Penyebab Rambut Beruban Lebih Cepat - JPNN.COM

jpnn.com - Rambut beruban ketika usia sudah tua itu hal yang lumrah. Hanya saja, jika kondisi ini terjadi pada mereka yang berusia muda – misalnya di usia 20-an – tentu  memunculkan sejumlah pertanyaan.

Menurut dr. Karin Wiradarma dari KlikDokter, uban atau rambut putih timbul jika rambut kekurangan melanin, yaitu pigmen yang memberikan warna pada rambut. Disebut ubanan lebih awal jika seseorang memiliki rambut putih ketika masih 20 tahun (untuk orang kulit putih) dan 30 tahun (untuk orang Asia dan Afrika).

Alasan rambut beruban lebih cepat
Rambut beruban lebih cepat bisa disebabkan beberapa hal. Beberapa kondisi kesehatan di bawah ini perlu menjadi perhatian Anda:

1. Masalah autoimun

Penyakit autoimun kulit yang disebut alopecia areata dapat menyebabkan rambut menjadi beruban. Sebagaimana dijelaskan oleh National Alopecia Areata Foundation (NAAF), orang-orang dengan kondisi ini mengembangkan bercak-bercak kecil, bulat, dan halus di kulit kepala, dan mereka dapat sepenuhnya kehilangan rambut di kepala atau tubuh mereka.

“Ini terjadi karena sistem kekebalan tubuh Anda menyerang folikel rambut Anda, membuat rambut Anda rontok. Ketika tumbuh kembali, rambut tumbuh berwarna putih,” jelas Dr. Day, profesor dermatologi di New York University.

2. Lingkungan tercemar

Menurut Library of Congress, polutan dan racun dapat menyebabkan rambut Anda lebih cepat beruban. Bahan kimia dari polutan dan racun menghasilkan radikal bebas yang merusak produksi melanin dan mempercepat penuaan rambut.

Sumber : Klikdokter
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar