50 Ribu P1 Langsung Penempatan PPPK Guru 2023, Selamat Ya!

50 Ribu P1 Langsung Penempatan PPPK Guru 2023, Selamat Ya!
Sebanyak 50 ribu guru prioritas satu atau P1 langsung mendapatkan penempatan PPPK Guru 2023. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Proses pengangkatan pelamar prioritas satu (P1) dalam seleksi PPPK guru 2023 lebih mudah. Mereka tidak dites kembali dan langsung penempatan.

Namun, tidak semua P1 akan terakomodasi dalam pengangkatan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) guru tahun ini, walaupun formasi yang tersedia tahun ini sekitar 300 ribu. 

Jumlah sisa P1 yang belum mendapatkan formasi PPPK 2021/2022 hanya sekitar 62 ribuan. 

Secara kuantitatif, sebenarnya terakomodasi, tetapi jika melihat ketersediaan formasi di masing-masing instansi, maka masih ada yang tersisa.

Direktur jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Nunuk Suryani mengungkapkan untuk pengangkatan PPPK guru 2023, terdapat 12.276 yang tidak mendapatkan penempatan. 

Sekitar 50 ribu P1 yang bisa diangkat tahun ini, sehingga jangan kaget ketika pengumuman penempatan nanti ada guru honorer menangis karena tidak bisa diangkat lagi.

Dirjen Nunuk menyampaikan sudah melakukan berbagai upaya agar P1 ini terakomodasi semuanya. 

Mulai dari menerbitkan regulasi untuk guru bahasa Inggris lewat linieritas sehingga mereka menjadi guru kelas.

Sebanyak 50 ribu guru prioritas satu atau P1 langsung mendapatkan penempatan PPPK Guru 2023.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News