53 Persen Mobil Pribadi Pakai BBM Subsidi

53 Persen Mobil Pribadi Pakai BBM Subsidi
53 Persen Mobil Pribadi Pakai BBM Subsidi
JAKARTA - Tingkat penggunaan Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi pada kendaraan pribadi masih sangat tinggi, terutama kendaraan roda empat. Menteri Keuangan, Agus Martowardjojo, mengungkapkan bahwa penggunaan BBM bersubsidi oleh mobil pribadi pada tahun 2010 sebesar 53 persen.

"Untuk sepeda motor pribadi penggunaan BBM bersubsidi 40 persen, mobil angkutan barang empat persen dan angkutan umum hanya 3 persen," kata Agus, saat rapat kerja dengan Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat Indonesia, Jumat (8/7).

Dia menambahkan, memang pemerintah berencana melakukan pembatasan BBM bersubsidi untuk kendaraan pribadi. "Pemerintah berencana memang membatasi BBM bersubsidi tidak boleh dikonsumsi untuk kendaraan pribadi, namun hanya untuk angkutan umum dan roda dua saja," jelasnya.

Menurut Agus, melihat fakta di lapangan, maka kebijakan pembatasan itu memang mesti harus dilakukan. "Rencana pemerintah dalam membatasi peggunaan BBM bersubsidi harus dilaksanakan, khususnya terhadap kendaraan pribadi, karena pertumbuhannya (kendaraan pribadi) tiap tahun begitu pesat," ujar Agus. Soal rencana pemerintah menaikkan harga BBM 2011, menurut dia adalah upaya dari pemerintah untuk mengubah jumlah subsidi BBM di dalam APBN.

JAKARTA - Tingkat penggunaan Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi pada kendaraan pribadi masih sangat tinggi, terutama kendaraan roda empat. Menteri

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News