Selasa, 18 Desember 2018 – 00:58 WIB

6 Manfaat Makan Pisang Setiap Hari

Kamis, 06 Desember 2018 – 18:35 WIB
6 Manfaat Makan Pisang Setiap Hari - JPNN.COM

Pisang dan manfaatnya. Foto: Eatthis

jpnn.com - Pisang merupakan salah satu buah favorit para atlet karena dipercaya bisa dengan cepat mengembalikan stamina saat sedang bertanding. Bagi Anda yang bukan atlet sekalipun juga disarankan untuk makan pisang setiap hari, karena ada manfaat luar biasa yang terkandung di dalamnya.

Bisa dibilang, pisang adalah salah satu buah yang paling disukai di dunia. Menurut data Persatuan Bangsa Bangsa (PBB), ekspor pisang secara global mencapai sekitar 18 juta ton pada 2015. 

Bahkan, di Amerika Serikat, pisang adalah salah satu buah favorit dengan rata-rata konsumsi 5 kilogram pisang per tahun pada setiap orang.

Khasiat makan buah pisang

Menurut Laura Flores, ahli gizi asal San Diego, Amerika Serikat, berbagai macam manfaat kesehatan dikaitkan dengan buah ini. Pisang kaya akan kalium dan pektin, yang merupakan serat baik bagi tubuh. Selain itu, pisang juga bisa menjadi sumber magnesium, vitamin C dan vitamin B6.

"Pisang biasa juga digunakan untuk mengurangi pembengkakan, melindungi terhadap diabetes tipe-2, membantu menurunkan berat badan, memperkuat sistem saraf, dan membantu produksi sel darah putih. Hal ini karena tingginya tingkat vitamin B6 yang terkandung di dalam pisang," kata Flores seperti dikutip dari Livescience.com.

Selain itu, menurutnya pisang yang mengandung antioksidan cukup tinggi dapat memberikan perlindungan dari radikal bebas yang menyerang setiap hari. Dalam kondisi mentah atau terlalu matang sekalipun, pisang memiliki khasiat yang sangat baik bagi tubuh.

Sebuah meta-analisis pada 2017 yang diterbitkan oleh Ilmu Kedokteran Prilozi mengungkapkan bahwa pisang hijau mentah dapat mengendalikan masalah pencernaan seperti diare, bisul, serta menurunkan kolesterol dan tekanan darah.

Sumber : Klikdokter
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar