6 Penyebab Pingsan Mendadak yang Harus Diwaspadai

6 Penyebab Pingsan Mendadak yang Harus Diwaspadai
Salah seorang siswi yang pingsan dievakuasi. Foto: IST for New Tapanuli.

jpnn.com - Pingsan merupakan kondisi medis seseorang yang tiba-tiba “tumbang” kehilangan kesadaran. Mungkin Anda pernah mengalaminya saat sedang mengikuti upacara bendera waktu kecil, atau terjebak dalam situasi ramai dan berdesakan. Semua usia mulai dari anak-anak, dewasa, hingga lansia bisa mengalaminya.

Apa, sih, penyebab seseorang bisa pingsan mendadak?

Secara sederhana, pingsan adalah kondisi kehilangan kesadaran yang terjadi saat otak tidak mendapat cukup pasokan oksigen dan darah. Dalam beberapa kasus, pingsan bukan merupakan suatu kondisi yang serius dan tidak berdampak panjang terhadap kesehatan seseorang.

Meski begitu, tetap perlu diketahui penyebab mengapa seseorang bisa pingsan untuk menilai berbahaya atau tidaknya kondisi tersebut.

Penyebab pingsan mendadak

Penyebab pingsan tak bisa lepas dari jenis atau tipe pingsannya. Berikut di bawah ini adalah enam tipe pingsan berdasarkan penyebabnya.

1. Pingsan vasovagal

Tipe pingsan ini merupakan kondisi yang paling sering ditemukan. Pingsan vasovagal disebabkan oleh gangguan peredaran darah terkait fungsi saraf yang disebut nervus vagus.

Perlu diketahui penyebab mengapa seseorang bisa pingsan untuk menilai berbahaya atau tidaknya kondisi tersebut.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News