60 Persen Peserta UKG Dinilai Berkompetensi Rendah

60 Persen Peserta UKG Dinilai Berkompetensi Rendah
60 Persen Peserta UKG Dinilai Berkompetensi Rendah
JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikud) menyatakan bahwa 60 persen peserta Uji Kompetensi Guru (UKG) harus diberikan pembinaan serius. Artinya, guru-guru tersebut dinilai rendah kompetensinya.

 

“Dari data sementara yang sudah diolah oleh Kemdikbud, kami meperoleh data bahwa sebanyak 60 persen peserta yang sudah mengiktui UKG harus mengikuti pembinaan serius. Karena rata-ratanya cukup rendah dan di bawah angka lima,” ungkap Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidik (Kepala BPSDMP dan PMP) Kemdikbud, Syawal Gultom di Gedung Kemdikbud, Jakarta, Kamis (9/8).

 

Syawal menyebutkan bahwa hingga pelaksanaan UKG hingga hari kelima, total pesertanya mencapai 369.799 orang.  Namun  dari jumlah tersebut, untuk sementara yang sudah bisa diolah datanya baru sekitar  289.770 orang.

Angka itu terdiri dari 8.878 guru TK, 158.235 guru SD,  75.953 guru SMP dan 46.704 guru SMA. orang. Sementara, total jumlah peserta yang harus mengiktui UKG secara nasional adalah 1.006.211. Dari jumlah tersebut  127.349 guru tidak ikut UKG karena berbagai kendala, seperti data tidak lengkap atau karena sakit.

 

JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikud) menyatakan bahwa 60 persen peserta Uji Kompetensi Guru (UKG) harus diberikan pembinaan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News