64 Persen TKI Direkrut Calo

64 Persen TKI Direkrut Calo
64 Persen TKI Direkrut Calo
JAKARTA - Keberadaan calo Tenaga Kerja Indonesia (TKI) atau lazim disebut sponsor masih mendominasi pelaksanaan penempatan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ke luar negeri. Menurut Penelitian Badan Penelitian, Pengembangan dan Informasi (Balitfo) Kemenakertrans sepanjang 2009, TKI yang mendaftar melalui jasa calo mencapai 64 persen dari total penempatan yang ada pada kisaran 5 juta orang.

Kepala Balitfo Kemenakertrans, Djuharsa MD mengemukakan data itu didapar berdasarkan penelitian terhadap sample seribu TKI yang baru pulang dari luar negeri di Bandara Soekarno-Hatta. Dari sample acak itu didapati sebanyak 64 persen mendaftar melalui bantuan sponsor/calo,  PPTKIS 32 persen, Disnaker 2 persen, dan lain-lainnya 2 persen.

"Peran sponsor masih dominan dalam membantu pendaftaran TKI ke Luar negeri, sedangkan petugas pengantar kerja di Disnakertrans seluruh Indonesia masih belum berfungsi maksimal dalam pelaksanaan penempatan TKI ke Luar Negeri," ujar Djuharsa di Jakarta, Jumat (11/6) kemarin.

Dia mengungkapkan, berdasar data yang diolah 943 orang terdiri dari 31 persen TKI Asia Pasifik dan 68, 4 persen dari Timur Tengah. Berdasarkan sampel penelitian 77,9 persen dari 815 responden TKI dilatih kurang dari 1 bulan. Data lain menyebutkan 45,8 persen responden TKI mengakui tidak memegang fotolopi Perjanjian Kerja sedangkan 79,8 persen TKI tidak memiliki Asuransi.

JAKARTA - Keberadaan calo Tenaga Kerja Indonesia (TKI) atau lazim disebut sponsor masih mendominasi pelaksanaan penempatan Tenaga Kerja Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News