7 Area Gym yang Jadi Sarang Kuman dan Bakteri

7 Area Gym yang Jadi Sarang Kuman dan Bakteri
7 Area Gym yang Jadi Sarang Kuman dan Bakteri

jpnn.com - Jika anda adalah salah satu anggota gym yang aktif, sebaiknya lebih berwaspadalah karena layaknya tempat umum lain, gym juga bisa jadi sarang kuman yang menyebabkan berbagai jenis penyakit seperti pernapasan, kulit, dan infeksi.

"Meskipun gym menjadi tempat untuk seseorang menjadi sehat, tidak bisa dihindari bahwa banyak infeksi yang bisa ditularkan di sana," kata program officer NIAID's Influenza, SARS, and Related Viral Respiratory Diseases Section, Teresa Hauguel PhD, seperti dilansir laman Good House Keeping, Rabu (26/3).

Berikut ini area gym yang bisa menjadi sarang kuman:
1. Peralatan angkat beban

"Risiko terbesar di gym adalah semua alat olahraga yang kita sentuh, terutama untuk peralatan angkat beban. Barbel dan angkat beban bisa berisiko menyebabkan flu sampai infeksi gastrointestinal,"kata Elizabeth Scott, PhD, co-director Simmons Center for Hygiene and Health Home and Community.

2. Peralatan kardio

Pegangan dan tombol pada treadmill, elliptical, dan mesin kardio lain bisa bermasalah seperti barbel. Oleh karena itu, bersihkan dulu tombol atau layar sentuh alat yang akan anda gunakan. Untuk mengelap keringat jangan gunakan tangan secara langsung melainkan handuk.

3. Shower dan lantai ruang ganti

Infeksi yang juga bisa anda alami adalah jamur yang tumbuh di lantai yang basah. Maka, usahakan selalu gunakan alas kaki misalnya sandal saat akan membilas tubuh atau berganti pakaian. Jangan lupa keringkan kaki sebelum menggunakan sepatu atau sandal yang kering. Jika membawa sandal mandi dari rumah keringkan terlebih dulu sebelum memasukannya ke dalam tas.

Jika anda adalah salah satu anggota gym yang aktif, sebaiknya lebih berwaspadalah karena layaknya tempat umum lain, gym juga bisa jadi sarang kuman

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News