7 Fakta Unik di Balik Raihan Medali Emas Owi/Butet

7 Fakta Unik di Balik Raihan Medali Emas Owi/Butet
Ganda campuran Indonesia Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir berdiri paling tinggi di podium kemenangan Rio 2016. FOTO: AFP

jpnn.com - LAGU Indonesia Raya berkumandang di Riocentro Pavilion 4, Rio De Janeiro, tepat pada Hari Ulang Tahun ke-71 Republik Indonesia. Bendera Merah Putih turut berkibar mengiringi keberhasilan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir meraih medali emas Olimpiade Rio 2016.

Pasangan ganda campuran andalan Indonesia itu sukses meraih medali emas setelah menang dua set atas wakil Malaysia, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying 21-14 dan 21-12, Rabu (17/8).

Itulah medali emas satu-satunya yang diraih Indonesia di Olimpiade Rio 2016, sekaligus yang pertama sejak ganda putra Markis Kido/Hendra Setiawan meraihnya pada Olimpiade Beijing 2008.

Keberhasilan pasangan yang akrab disapa Owi/Butet itu meraih medali emas Olimpiade Rio 2016 sekaligus dihiasi beragam hal menarik. Namun, setidaknya ada 7 fakta unik yang patut diketahui dari sukses tersebut seperti dilansir JawaPos.com.

Berikut 7 Fakta Unik dari Keberhasilan Tontowi/Liliyana meraih medali emas Olimpiade Rio 2016:

1) Berkat raihan medali emas Tontowi/Liliyana, lagu Indonesia Raya berkumandang di Olimpiade Rio 2016 bertepatan dengan HUT  Ke-71 Kemerdekaan Republik Indonesia. Sebelumnya, Liliyana meraih medali perak Olimpiade Beijing 2008 bersama Nova Widianto, juga pada 17 Agustus.

2) Indonesia baru pertama kali menyumbang emas dari sektor ganda campuran melalui Tontowi/Liliyana. Sebelumnya, emas sudah pernah diraih satu dari tunggal putra, satu dari tunggal putri, dan 3 dari ganda putra. Tinggal sektor ganda putri yang belum pernah menyumbang medali emas olimpiade untuk Indonesia.

3) Tontowi/Liliyana menjadi ganda campuran pertama di luar Tiongkok dan Korea Selatan yang mampu meraih medali emas Olimpiade. Sejak dipertandingkan pada Olimpiade Atlanta 1996, Korsel dan Tiongkok bergantian merebut medali emas di sektor ganda campuran.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News