7 Tips Mudah Hindari Mabuk Perjalanan Saat Mudik

7 Tips Mudah Hindari Mabuk Perjalanan Saat Mudik
Antrean panjang pemudik dari Batam menuju Tanjunguban, Bintan untuk berlebaran. Foto: batampos/jpg

jpnn.com - Tak hanya menyenangkan, mudik juga penuh tantangan. Salah satu hambatan yang sering terjadi saat mudik adalah mabuk perjalanan.

Dalam dunia medis, mabuk perjalanan dikenal sebagai motion sickness. Kondisi ini bisa membuat mudik terasa tak nyaman, bahkan menyiksa bagi penderitanya.

Motion sickness adalah kondisi seseorang merasa pusing, kembung, mual, hingga mengalami muntah selama sdalam perjalanan. Kondisi ini terjadi ketika ada perbedaan 'informasi' yang diterima antara mata dan bagian dalam telingat tempat kendali keseimbangan berada.

Kondisi ini pada akhirnya menyebabkan otak menerima informasi yang berbeda, sehingga dapat memicu timbulnya pusing, kembung, serta mual dan muntah. Kondisi ini juga dapat terjadi dalam perjalanan darat, laut, dan udara.

Anak-anak yang berusia di bawah 12 tahun, ibu hamil, dan Anda yang rentan mengalami migrain cenderung lebih mudah terkena mabuk perjalanan saat mudik

“Mabuk perjalanan bisa terjadi secara perlahan-lahan dan tidak selalu terjadi tiba-tiba. Mabuk perjalanan disebabkan oleh gangguan pada sistem keseimbangan, visual, dan sensorik tubuh Anda. Ketiga sistem tersebut mengalami ketidaksinambungan, sehingga terjadilah mabuk perjalanan,” dr. Sara Elise Wijono, MRes, dari KlikDokter memaparkan.

Jika mabuk perjalanan berlangsung terus-menerus tanpa henti, tentu saja ini dapat merusak suasana hati dan perjalanan mudik yang seharusnya menyenangkan. Untuk mencegah terjadinya mabuk perjalanan saat mudik, ketahui dan lakukan rangkaian tips yang dipaparkan oleh dr. Sara.

1. Jadilah pengemudi.

Gangguan kesehatan yang sering menyerang saat mudik adalah mabuk perjalanan. Atasi dengan cara ini agar mudik jadi lebih menyenangkan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News