JPNN.com

7 Tips Perlambat Penuaan Wajah

Rabu, 09 Mei 2018 – 04:08 WIB 7 Tips Perlambat Penuaan Wajah - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Proses penuaan merupakan proses yang alami dan akan terus terjadi pada setiap manusia. Walaupun tidak bisa dihentikan, proses penuaan bisa diperlambat.

Dari segi faktor, ada beberapa hal yang bisa membuat kulit dan wajah tampak lebih tua, namun sering kali tidak Anda sadari.

“Beberapa faktor yang dapat menyebabkan penuaan dini di antaranya adalah faktor keturunan, stres, konsumsi alkohol, rokok, asupan nutrisi yang buruk karena kurang sayur dan buah, sering terpapar sinar matahari dan polusi,” ujar dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter.

Berikut tips memperlambat penuaan wajah.

Proses penuaan pada wajah dan munculnya tanda-tanda penuaan sebenarnya masih bisa Anda tekan dengan menerapkan gaya hidup sehat.

Berikut ini adalah hal-hal yang bisa Anda terapkan dalam keseharian untuk memperlambat penuaan wajah:

1. Mengurangi stres.
2. Konsumsi lebih banyak buah dan sayur yang mengandung antioksidan.
3. Istirahat cukup dengan tidur minimal 7-8 per hari.
4. Olahraga secara teratur, 3-4 kali dalam seminggu.
5. Mengurangi konsumsi gula.
6. Menghindari alkohol, rokok, dan narkoba.
7. Hindari paparan sinar matahari dengan menggunakan krim sunscreen dan sunblock dengan SPD 30 setiap hari untuk menjaga kelembapan kulit.

Penuaan wajah memang tak bisa dihindari, tapi bukan berarti lantas Anda pasrah dan tidak mempedulikannya. Dengan mengetahui tanda-tanda penuaan wajah di atas, Anda kini bisa melakukan upaya memperlambat penuaan. Yuk, rawat kulit wajah dari sekarang.(RVS/klikdokter)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...