70 Juta Rakyat Indonesia Rentan Kemiskinan

70 Juta Rakyat Indonesia Rentan Kemiskinan
70 Juta Rakyat Indonesia Rentan Kemiskinan
JAKARTA--Ketua Komite Ekonomi Nasional (KEN) Chairul Tanjung mengatakan kelompok masyarakat yang miskin di Indonesia masih hampir berjumlah 29 juta orang dan yang rentan kemiskinan hampir 70 juta orang. Dua kelompok ini, tuturnya, sangat berpengaruh kehidupannya apabila terjadi kenaikan harga-harga bahan pokok karena mayoritas pengeluaran mereka itu digunakan untuk membeli bahan makanan.

Hal ini diungkapkan Chairul usai memberikan tiga rekomendasi pada Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono dan Wapres RI Boediono dalam sidang paripurna bersama jajaran di Kabinet Indonesia Bersatu II di Kantor Setneg, Jakarta, Selasa (22/1).

"KEN mengusulkan agar komoditas yang pengelolaan tata niaganya cenderung oligopolis diambil tindakan yang dianggap perlu untuk mengontrol tata niaga komoditas tersebut sehingga tidak menambah berat kehidupan masyarakat," ujar Chairul.

Sementara itu, terhadap perbaikan kesenjangan  dan penanggulan kemiskinan, KEN melihat adanya kecenderungan meningkatnya rasio kesenjangan sosial. Hal ini, katanya, karena pendapatan dan pengeluaran strata masyarakat miskin dan rentan miskin growthnya jauh lebih kecil dari yang strata menengah dan kelompok atas, dan jika diteruskan kesenjangan akan makin lebar.

JAKARTA--Ketua Komite Ekonomi Nasional (KEN) Chairul Tanjung mengatakan kelompok masyarakat yang miskin di Indonesia masih hampir berjumlah 29 juta

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News