8 Kiat Mengobati Insomnia Tanpa Obat

8 Kiat Mengobati Insomnia Tanpa Obat
Relaksasi dengan aroma lavender. Foto: Pixabay

jpnn.com - Insomnia merupakan gangguan tidur yang ditandai dengan kesulitan memulai atau mempertahankan tidur. Jika Anda mengalaminya, jangan terburu-buru konsumsi obat tidur. Lebih baik mengobati insomnia terlebih dulu tanpa obat dengan cara alami yang lebih aman.

Perlu diingat, beberapa malam sulit tidur bukan lantas berarti Anda mengalami insomnia. Diluruskan oleh dr. Sara Elise Wijono, MRes, dari KlikDokter, seseorang dikatakan mengalami insomnia jika sulit tidur terjadi selama satu bulan atau lebih. Selain itu, insomnia bisa mengakibatkan memburuknya kualitas hidup seseorang akibat menurunnya kondisi fisik, terganggunya mood, dan kinerja yang memburuk.

Cara mengatasi insomnia tanpa obat

Mungkin karena frustasi ingin insomnia cepat teratasi, banyak orang yang mengonsumsi obat tidur tidak di bawah pengawasan dokter. Bila tidak dikonsumsi secara bijak, konsumsi obat tidur malah bisa timbulkan berbagai efek samping. Sebelum itu terjadi, sebaiknya coba dulu mengobati insomnia dengan cara alami di bawah ini.

1. Hirup wewangian lavender
Menjelang waktu tidur, pasang minyak esensial lavender sebagai aromaterapi di kamar. Berdasarkan studi yang dipublikasikan di “Iranian Red Crescent Medical Journal” tahun 2015, 159 wanita pasca melahirkan yang diberikan aromaterapi lavender selama 8 minggu melaporkan peningkatan kualitas tidur.

Para partisipan diminta menghirup aroma lavender (dengan jarak 20 cm) dan kemudian minyak tersebut juga diletakkan di samping bantal hingga pagi hari. Hasilnya, partisipan mengaku tidur lebih nyenyak.

Studi lain dalam jurnal “Nursing in Critical Care” pada 2017 menyebut, 60 orang dengan penyakit jantung yang dirawat di ruangan ICU dan diminta untuk menghirup aroma lavender, 2 persennya melaporkan kualitas tidurnya meningkatan dan rasa cemas berkurang.

2. Minum teh kamomil
Salah satu jenis teh yang banyak digunakan untuk keperluan ini adalah teh chamomile (kamomil). Menurut dr. Alvin Nursalim, SpPD, dari KlikDokter, teh kamomil mangandung ekstrak yang memberikan efek sedatif dan membantu Anda lebih mudah tertidur.

Jika Anda mengalami insomnia, jangan terburu-buru konsumsi obat tidur. Lebih baik mengobati insomnia terlebih dulu tanpa obat dengan cara alami yang lebih aman.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News