JPNN.com

8 Manfaat Mengawali Hari dengan Jalan Kaki

Minggu, 22 September 2019 – 11:39 WIB 8 Manfaat Mengawali Hari dengan Jalan Kaki - JPNN.com

jpnn.com - Ketika bangun di pagi hari, gerakan pemanasan mungkin bukan prioritas utama Anda. Mungkin Anda lebih memilih memulai hari dengan memainkan gawai, berkendara sambil mendengarkan musik menuju tempat kerja, atau bahkan langsung sarapan.

Padahal, ada pilihan aktivitas lain dalam mengawali hari yang bisa memberi lebih banyak manfaat untuk tubuh, yaitu jalan kaki. 

Memulai hari Anda dengan berjalan kaki di lingkungan sekitar atau untuk menuju tempat kerja, ternyata dapat memberikan tubuh sejumlah manfaat kesehatan yang tidak disangka. Berikut adalah beberapa manfaat tersebut:

1. Meningkatkan energi

Memulai hari dengan berjalan kaki dapat memberi Anda lebih banyak energi untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Studi menunjukkan bahwa orang dewasa yang berjalan kaki selama 20 menit di luar ruangan memiliki lebih banyak energi daripada mereka yang berjalan kaki selama 20 menit di dalam ruangan. 

Sebuah studi kecil juga menemukan bahwa 10 menit berjalan di tangga lebih memberi energi daripada secangkir kopi untuk wanita yang merasa kurang tidur.

Memperbaiki suasana hati
Jalan kaki dipercaya dapat meningkatkan kepercayaan, memperbaiki mood, mengurangi stres, mengurangi kecemasan, mengurangi kelelahan, dan menurunkan risiko depresi. Untuk hasil terbaik, cobalah berjalan kaki selama 20-30 menit, setidaknya 5 kali dalam seminggu.

Membantu menurunkan berat badan 
Berjalan kaki di pagi hari dapat membantu Anda dalam menurunkan berat badan. Sebab, berjalan kaki dengan kecepatan sedang selama 30 menit dapat membakar hingga 150 kalori. Jika dikombinasikan dengan diet sehat dan latihan kekuatan, maka penurunan berat badan Anda akan semakin maksimal.

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...