8 Warga Detusoko Terjangkit Antrax

8 Warga Detusoko Terjangkit Antrax
8 Warga Detusoko Terjangkit Antrax
ENDE - Delapan warga Detusoko, Kabupaten Ende, NTT, terjangkit Antrax setelah mengkonsumsi daging sapi yang diduga terserang Antrax. Ratusan warga lain yang juga mengkonsumsi daging tersebut juga dikhawatirkan akan mengalami hal yang sama. Kini semuanya ditangani secara medis dan semua ternak di wilayah Detusoko divaksin.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaen Ende, Uran Muhidin, mengatakan pasca ditemukan satu sapi yang diidentifikasi tertular Antrax, pihaknya langsung menerjunkan tim ke lokasi kejadian. "Kita setelah mendengar ada warga yang mengalami gejala bentol dan luka akibat beberapa hari sebelumnya menyantap sapi yang sudah mati maka kita langsung terjunkan tim untuk vaksin segala jenis hewan terutama sapi di Desa Detusoko Barat dan Kelurahan Detusoko," sebut Uran.

Dikatakan, sapi yang mati tersebut dikonsumsi oleh 47 KK di desa dan kelurahan tersebut karena dijual pemiliknya. Di Kelurahan Detusoko yakni di Dusun Pemoria, Nuanggela dan Nua baru. Di Desa Detusoko Barat adalah di Dusun Woloone dan Pemonago. Hewan tersebut, katanya, mati pada 20 Februari dan dikonsumsi warga.

Karena itu untuk mengetahui secara jelas tim dari Dinas Peternakan telah turun untuk mengambil sampel berupa daging sapi yang mati tersebut dan tanah dimana lokasi sapi tersebut mati untuk diteliti di laboratorium.

ENDE - Delapan warga Detusoko, Kabupaten Ende, NTT, terjangkit Antrax setelah mengkonsumsi daging sapi yang diduga terserang Antrax. Ratusan warga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News