80 Persen Anggaran Pilkada Siap

80 Persen Anggaran Pilkada Siap
80 Persen Anggaran Pilkada Siap
JAKARTA - Kesiapan dana pilkada belum tuntas. Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) baru bisa memastikan bahwa dari 224 pilkada pada 2010 ini, baru 80 persen yang sudah menganggarkan dana dari APBD. Sisanya belum terpantau.

"Sudah dianggarkan. Pencairannya dilakukan secara bertahap dalam beberapa termin, bergantung pada kebutuhan KPU Daerah," kata Dirjen Bina Administrasi Keuangan Daerah (BAKD) Kemendagri Timbul Pudjianto di Jakarta, akhir pekan lalu (13/2).

Berdasar data itu, berarti dari 244 daerah yang bakal menggelar pilkada serentak tahun ini, sudah 195 daerah yang siap dana. "Artinya, ada sejumlah daerah yang belum melaporkan APBD mereka kepada provinsi. Akibatnya, kami tidak bisa memonitor," kata Timbul.

Selain itu, imbuh lelaki asli Surabaya ini, sejumlah daerah yang belum terpantau adalah daerah-daerah hasil pemekaran. Daerah tersebut umumnya belum memahami mekanisme penganggaran untuk pilkada. Sebab, kecenderungannya, APBD sudah diketok, tapi pilkada belum dianggarkan.

JAKARTA - Kesiapan dana pilkada belum tuntas. Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) baru bisa memastikan bahwa dari 224 pilkada pada 2010 ini, baru

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News