9 Juta NPWP Aktif, 10 Juta Tak Jelas

9 Juta NPWP Aktif, 10 Juta Tak Jelas
9 Juta NPWP Aktif, 10 Juta Tak Jelas
JAKARTA - Direktorat Jenderal Pajak (DJP) terus memilah para pemegang Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) untuk memisahkan wajib pajak (WP) berstatus aktif dengan yang tidak jelas keberadaannya atau non-filing. Saat ini, terdapat 10 juta NPWP non-filing yang dipisahkan. Sebanyak 9 juta NPWP lain berstatus aktif.

''Sekarang 9 juta (NPWP) benar-benar ada. Yang 10 juta sudah kita taruh di samping. Tak pernah kita masukkan lagi,'' kata Dirjen Pajak Depkeu Darmin Nasution di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (3/12).

Menurut Darmin, NPWP yang tidak aktif sengaja disingkirkan, namun tetap ada dalam database DJP. ''Nanti, untuk membersihkan, harus ada prosesnya yang benar,'' ujarnya. NPWP non-filing dipisahkan agar tidak memperberat sistem. Selain itu, juga untuk mempermudah pemeriksaan.

Dia menambahkan, di antara 9 juta WP aktif, 1,8 juta di antaranya WP badan. Yang lain adalah WP orang pribadi (OP). Jumlah WP badan kini juga terus meningkat. ''Sekarang, sudah akan mengarah ke 2 juta-an WP baru,'' tuturnya.

JAKARTA - Direktorat Jenderal Pajak (DJP) terus memilah para pemegang Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) untuk memisahkan wajib pajak (WP) berstatus

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News