JPNN.com

9 Kondisi Kesehatan yang Bikin Berat Badan Anda Naik

Kamis, 10 Oktober 2019 – 10:51 WIB 9 Kondisi Kesehatan yang Bikin Berat Badan Anda Naik - JPNN.com

jpnn.com - Tiba-tiba berat badan naik, padahal porsi makan tidak berlebih. Hal ini tentu membingungkan Anda. Tapi, itu memang bisa terjadi pada tubuh Anda. Bisa jadi, penyebabnya adalah kondisi kesehatan tertentu yang Anda alami.

Pada dasarnya, Anda akan memiliki berat badan yang ideal jika memiliki pola makan dan aktivitas fisik yang seimbang. Akan tetapi, meski sudah menjalankan diet sehat dan rutin berolahraga, lonjakan berat badan secara tiba-tiba tetap bisa terjadi.

Kondisi kesehatan yang membuat lonjakan berat badan

Seperti telah disebutkan di atas, ternyata ada beberapa masalah kesehatan yang bisa membuat berat badan Anda melonjak secara drastis.

Berikut adalah kondisi-kondisi kesehatan yang dimaksud:

1. Sindrom Cushing
Menurut dr. Dyah Novita Anggraini dari KlikDokter, sindrom Cushing disebabkan oleh meningkatnya hormon kortisol dalam jangka waktu yang lama. Orang yang menderita obesitas, diabetes melitus, dan hipertensi akan memiliki peningkatan risiko terhadap sindrom Cushing.

Pada akhirnya, sindrom ini bisa menyebabkan penambahan berat badan dan kelainan lainnya. Anda bisa mendapatkan sindrom Cushing jika menggunakan steroid untuk asma, radang sendi, atau lupus.

Sindrom ini juga bisa terjadi ketika kelenjar adrenalin Anda membuat terlalu banyak kortisol, atau bisa juga terkait dengan tumor. Biasanya, kenaikan berat badan akibat sindrom ini paling terlihat di sekitar wajah, leher, punggung bagian atas, atau pinggang.

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...