9 Manfaat Wortel, Bantu Cegah Penyakit Ini Menyerang Anda

9 Manfaat Wortel, Bantu Cegah Penyakit Ini Menyerang Anda
Wortel. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - APAKAH Anda suka mengonsumsi wortel? Wortel merupakan sayuran oranye yang banyak dikonsumsi.

Akar wortel memiliki tekstur yang renyah dan rasa aromatik yang manis dan mint, sedangkan sayuran hijaunya terasa segar dan sedikit pahit.

Sementara kita biasanya mengasosiasikan wortel dengan warna jingga, sebenarnya wortel bisa ditemukan dalam berbagai warna lain termasuk putih, kuning, merah, atau ungu.

Anehnya, hanya 3 persen dari β-karoten dalam wortel mentah yang dilepaskan selama pencernaan yang bisa ditingkatkan menjadi 39 persen dengan membuat pulp, memasak dan menambahkan minyak goreng.

Wortel mungkin paling dikenal karena pasokan nutrisi antioksidannya yang kaya, beta-karoten, yang sebenarnya dinamai menurut namanya.

Namun, umbi-umbian yang lezat ini tidak hanya menjadi sumber beta-karoten, tetapi juga berbagai macam antioksidan dan nutrisi penunjang kesehatan lainnya.

Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip laman Curejoy.com.

1. Melawan Anemia

Struktur molekul wortel sangat mirip dengan molekul hemoglobin Anda sehingga membuatnya efektif untuk memproduksi dan mempertahankan tingkat yang sehat dari unsur vital ini dalam darah Anda.

Ada beberapa manfaat wortel yang tidak terduga dan ternyata sangat baik untuk kesehatan dan bisa membantu melawan beberapa penyakit ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News