9 Perusahaan Sawit Kepung Taman Nasional

9 Perusahaan Sawit Kepung Taman Nasional
9 Perusahaan Sawit Kepung Taman Nasional
KAPUAS- Keberadaan Taman Nasional Danau Sentarum (TNDS) di Kapupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat mulai terancam. betapa tidak, sedikitnya ada sembilan perusahaan perkebunan kelapa sawit berskala besar melakukan ekspansi di sekitar kawasan yang dianggap paru-paru dunia tersebut.

Data dari Balai TNDS menyebutkan, sembilan perusahaan yang telah mengantongi izin dan siap beroperasi di dekat wilayah tersebut adalah PT Nusantara Mukti Sentosa, PT Bukit Prima Plantindo, PT Aneka Prima Pendopo, PT Plantana Razsindo, PT Setia Arto Mulia, PT Sawit Karunia Seriang, PT Sumber Sawit Sintang, PT Kirana Mega Tara, dan PT Mandala Agrisindo Perkasa.

Meskipun belum seluruh perusahaan yang memiliki izin itu sudah beroperasi, namun keberadaannya sudah memantik kekhawatiran masyarakat setempat. Sebab, diprediksi akan membawa dampak lingkungan di seputar kawasan TNDS dan bahkan akan bersentuhan langsung dengan kehidupan sosial masyarakat setempat seperti masalah ekonomi, ekologi serta ekses sosiologi.

H Jono, tokoh masyarakat yang juga pengusaha penangkar ikan Arwana di Kecamatan Suhaid, Kapuas Hulu mengaku sangat resah dengan masuknya perusahaan sawit di sekitar penangkaran yang di kelolanya sejak 1984 silam.

KAPUAS- Keberadaan Taman Nasional Danau Sentarum (TNDS) di Kapupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat mulai terancam. betapa tidak, sedikitnya ada sembilan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News