9 Syarat dari Pemerintah untuk Mencabut Pembekuan PSSI

9 Syarat dari Pemerintah untuk Mencabut Pembekuan PSSI
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi. FOTO: JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi mengungkapkan sejumlah persyaratan terkait pencabutan Surat Pembekuan PSSI. Syarat itu disampaikan juga saat rapat kerja dengan Komisi X DPR RI, di Gedung DPR, Rabu 2/3) sore.

Salah satu persyaratan yang harus dipenuhi adalah Tim Ad Hoc PSSI berkewajiban untuk menjamin disetujuinya oleh FIFA  terkait pembentukan Tim Kecil. Itu adalah hasil komitmen awal saat audiensi perwakilan FIFA dengan Presiden Joko Widodo pada 2015 silam. 

Komite Ad Hoc juga berkewajiban menyampaikan progress report terkait pembenahan internal oragnisasi PSSI. Itu untuk tata kelola persepakbolaan nasional yang profesional, akuntabel, dan transparan.

Ini sembilan persyaratan dari pemerintah agar sanksi PSSI bisa dicabut.

1. Menjamin eksistensi atau kehadiran pemerintah dalam tata kelola persepakbolaan nasional yang dilakukan oleh PSSI melalui pengawasa dan pengendalian yang ketat oleh pemerintah. 

2. Menjamin adanya sistem pelaporan dan pertanggungjawaban PSSI kepada AFC dan FIFA, bahwa keterlibatan pemerintah dalam perbaikan tata kelola sepakbola nasional di PSSI merupakan bentuk tanggung jawab pemerintah dan bukan sebagai bentuk intervensi pemerintah. 

3. Mengedepankan ketaatan terhadap sistem hukum nasional. 

4. PSSI berkomitmen secara konsisten terhadap perbaikan tata kelola sepakbola untuk kepentingan peningkatan prestasi olahraga sepakbola nasional. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News