90,8 Persen Anggota DPR Kembali Jadi Caleg

90,8 Persen Anggota DPR Kembali Jadi Caleg
Acara Peluncuran Buku Pramono Anung Wibowo. Foto: M Fathra Nazrul Islam/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Pramono Anung Wibowo memprediksi wajah institusi DPR setelah Pemilu legislatif 2014 mendatang tidak akan jauh berbeda dari wajah DPR hasil Pemilu 2009.

Prediksi tersebut menurut Pramono mengacu pada data Caleg 2014, dimana sekitar 90,8 persen dari keseluruhan anggota DPR periode 2009-2014 ikut kembali pertarung untuk lolos jadi anggota DPR periode 2014-2019.

"Wajah DPR hasil Pemilu 2014 saya rasa akan sama saja karena mayoritas anggota DPR sekarang kembali bertarung jadi anggota Dewan," kata Pramono Anung, saat peluncuran bukunya berjudul "Mahalnya Demokrasi Memudarnya Ideologi" Potret Komunikasi Politik Legislator dengan Konstituen, di gedung DPR, Senayan Jakarta, Selasa (3/12).

Berbagai hujatan dan kritikan yang sudah diberikan oleh masyarakat terhadap kinerja dan prilaku anggota DPR, menurut Pramono, tidak menyurutkan niatnya untuk kembali jadi anggota Dewan.

"Malahan hujatan dan kritikan tersebut juga sudah dikapitalisasi secara baik agar pemilih lebih bersimpati kepada para Caleg," ungkap Wakil Ketua DPR RI itu.

Tapi kata Pramono, kalau melihat kecenderungan yang saat ini terjadi, sangat mungkin anggota DPR periode 2014-2019 mendatang akan lebih canggih lagi dalam menyiasati keadaan untuk kepentingan pribadi, keluarga dan kelompoknya.

Terakhir dikatakannya, demokrasi kita ini hanya demokrasi 5 menit. "Rakyat memiliki kebebasan selama lima menit di bilik suara. Sisanya 365 hari kurang lima menit jadi milik elit partai politik," ungkapnya. (fas/jpnn)


JAKARTA - Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Pramono Anung Wibowo memprediksi wajah institusi DPR setelah Pemilu legislatif 2014


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News