95 Persen PNS Tak Miliki Kompetensi

95 Persen PNS Tak Miliki Kompetensi
95 Persen PNS Tak Miliki Kompetensi
JAKARTA--Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Azwar Abubakar mengungkapkan, 95 persen dari 4,7 juta Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang dimiliki negara ini, tidak memiliki kompetensi. ''Yang punya kompetensi itu hanya ada 5 persen,'' ungkap Azwar pada wartawan di Istana Negara, Kamis (1/3).

Tidak terpenuhinya standar PNS ini disebabkan oleh banyak faktor. Diantaranya, tidak ditempatkannya PNS sesuai dengan kemampuan, bahkan diterimanya CPNS tidak sesuai kebutuhan. Selain itu banyak PNS yang tidak mengikuti pelatihan meski pemerintah sudah membuat program khusus secara berkala.

Azwar juga mengatakan, kebanyakan dari PNS yang ada saat ini, kurang memiliki inisiatif dan hanya menunggu perintah dari atasan.''Yang paling banyak itu di bagian umum, hanya menunggu perintah,'' tegasnya.

Karena itulah kata Azwar, ke depan formasi CPNS akan benar-benar selektif sesuai dengan kompetensi dan kapasitas. Penerimaan CPNS juga akan disesuaikan dengan kebutuhan.

JAKARTA--Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Azwar Abubakar mengungkapkan, 95 persen dari 4,7 juta Pegawai Negeri Sipil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News