Abbas Minta Fayyad Bertahan

Abbas Minta Fayyad Bertahan
Perdana Menteri Palestina Salam Fayyad. Foto: AP
RAMALLAH - Pengunduran diri Salam Fayyad tersendat. Presiden Palestina Mahmoud Abbas meminta sang perdana menteri (PM) yang juga seorang teknokrat itu menunda niatnya hingga dialog rekonsiliasi antara Fattah dan Hamas yang disponsori Mesir membuahkan hasil.

"Saudara Salam Fayyad sudah mengajukan pengunduran dirinya kepada kami demi terbentuknya negara Palestina. Tapi, saya telah meminta dia tetap bertahan hingga ada kepastian dalam dialog Mesir nanti," papar Abbas di hadapan media, seperti dilansir Reuters kemarin (8/3). Dalam surat yang diserahkan Sabtu (7/3), Fayyad menuliskan akhir Maret sebagai hari resmi dirinya lengser dari kursi PM Palestina.

Mengutip seorang sumber dari kantor PM, Fayyad tidak terlalu memedulikan hasil dialog di Kairo, Mesir, Selasa nanti (10/3). "Apa pun keputusannya, pengunduran diri PM akan berlaku efektif akhir bulan ini," ujar pejabat anonim tersebut.

Namun, sebagai presiden sekaligus orang yang menunjuk langsung Fayyad sebagai PM, Abbas memang berhak mempertahankan atau memilih dia kembali dalam pemerintahan baru.

RAMALLAH - Pengunduran diri Salam Fayyad tersendat. Presiden Palestina Mahmoud Abbas meminta sang perdana menteri (PM) yang juga seorang teknokrat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News