Abelom Kogoya Sempat Diancam Ditembak Mati KKB Pimpinan Numbuk Telenggen

Abelom Kogoya Sempat Diancam Ditembak Mati KKB Pimpinan Numbuk Telenggen
Personel Satgas Binmas Noken Polri bersama Abelom Kogoya selaku Kepala Suku Kampung Kimak, Distrik Ilaga Utara, Kabupaten Puncak. Foto: ANTARA/HO-Humas Satgas Nemangkawi

jpnn.com, TIMIKA - Abelom Kogoya, yang merupakan Kepala Suku di Kampung Kimak, Distrik Ilaga Utara, Kabupaten Puncak, Papua, mengimbau warganya untuk tidak terprovokasi oleh aksi-aksi yang dilakukan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Abelom mengaku sempat diancam akan ditembak mati oleh komplotan KKB pimpinan Numbuk Telenggen. Namun, hal itu tidak menciutkan nyali Abelom.

"Masyarakat harus tetap tenang, tidak terpengaruh maupun terprovokasi oleh ulah KKB karena aparat TNI/Polri senantiasa siap menjaga keamanan warga di Papua," kata Abelom saat ditemui Tim Satgas Binmas Noken Polri di Kimak, Selasa (4/5).

Pada Selasa siang sejumlah personel Satgas Binmas Noken Polri menyambangi Kampung Kimak, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak dan menggelar tatap muka dengan warga setempat.

Kampung Kimak diketahui pernah diserang oleh KKB yang kini dikategorikan sebagai kelompok teroris.

Tokoh agama setempat, Pendeta Menaser Labene, menuturkan bahwa KKB juga sempat mengusik ketenangan warga yang bermukim di wilayah Muara, Distrik Ilaga Utara, Kabupaten Puncak.

Akibat kehadiran KKB itu, warga Kampung Muara meninggalkan rumah mereka untuk mengungsi sementara pada rumah sanak keluarga mereka di kampung-kampung terdekat, seperti Kampung Paluga, Kampung Kimak, dan Kampung Kago.

Pada Minggu (2/5) malam, kelompok teroris dilaporkan membakar gedung SD Mayuberi, perumahan guru, gedung lama puskesmas, serta merusak fasilitas jalan dan jembatan yang menghubungkan kampung-kampung terdekat.

Abelom Kogoya mengaku sempat diancam akan ditembak mati komplotan KKB pimpinan Numbuk Telenggen.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News