ABK Diduga Gelapkan Solar senilai Rp 5,2 Miliar

ABK Diduga Gelapkan Solar senilai Rp 5,2 Miliar
Tanker Vier Harmonie yang diduga dibajak ABK-nya sendiri. Foto: istimewa for batampos/jpg

jpnn.com - BATAM - Sebuah kapal tanker dilaporkan hilang di perairan Pelabuhan Malaysia, Rabu (17/8). Tanker Vier Harmoni yang mengangkut 900 KL solar senilai Rp 5,2 miliar itu diduga kuat dibawa kabur oleh kru kapal (ABK) sendiri.

Hal ini disampaikan Komandan Lantamal IV Tanjungpinang, Laksamana Muda S. Irawan melalui Kepala Dispen Lantamal IV, Mayor Laut (KH) Josdy Damopolii dalam rilis yang diterima Batam Pos (Jawa Pos Group) Rabu (17/8).

Lantamal IV menurut Josdy mendapat laporan dari petugas The Malaysian Maritime Enforcement Agency (MMEA) bahwasannya kapal tanker Vier Harmoni adalah kapal berbendera Indonesia milik PT VIERLINES. Pendalaman sementara Kapal tidak dibajak, namun dilarikan oleh kru atau ABK nya kembali menuju Batam. 

"Sampai saat ini Tim Western Fleet Quick Response (WFQR) Lantamal IV Tanjungpinang terus mencari keberadaan kapal tersebut," ujar Josdy.

Ditegaskannya, kesimpulan tidak dibajak lebih dipastikan setelah tidak adanya indikasi kekerasan dan adanya koordinasi erat antara WFQR dengan MMEA yang menyatakan Kapten kapal sempat dua kali menghubungi agennya bahwa kapal akan dibawa kembali ke Batam karena masalah Managemen internal perusahaan.

"Panggilan terakhir Kapten kapal sekitar jam 12.00 WIB atau siang tadi, Kapten kapal kembali menghubungi Agennya akan masuk Batam, namun tidak memberikan posisi atau keberadaan MT Vier Harmoni," ujarnya.

Hingga kini WFQR dan MMEA terus melakukan koordinasi dan pencarian untuk memastikan keberadaan dan status MT Vier Harmoni. (spt)

BATAM - Sebuah kapal tanker dilaporkan hilang di perairan Pelabuhan Malaysia, Rabu (17/8). Tanker Vier Harmoni yang mengangkut 900 KL solar senilai


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News