Academy Award Terburuk Sepanjang Sejarah

Academy Award Terburuk Sepanjang Sejarah
Piala Oscar. Foto: CNN

jpnn.com - Tidak ada yang meragukan kemegahan dan kemewahan Academy Awards 2018 Minggu malam waktu setempat (4/3) atau Senin pagi WIB. Presenternya keren-keren. Mulai Gal Gadot, Tom Holland, Chadwick Boseman, hingga droid Star Wars BB8.

Performer-nya pun berasal dari film yang tengah digemari. Ada Gael Garcia Bernal dan Miguel yang membawakan Remember Me. Juga Keala Settle, bintang The Greatest Showman.

Namun, itu semua tidak mampu mengangkat pamor The Oscar di mata penonton televisi. Ditayangkan di ABC, jumlah pemirsa yang menontonnya secara live melorot drastis.

Tercatat 26,5 juta orang menyaksikan siaran langsung acara penghargaan bergengsi tersebut. Turun 20 persen dari tahun lalu yang masih berada di angka 32,9 juta. Sejak jumlah penonton mulai dicatat pada 1974, tahun ini adalah rekor terendah!

Dari segi rating, juga turun. Tahun ini rating-nya hanya 18,9. Turun sebesar 16 persen dari angka 22,4 yang diperoleh tahun lalu. Itu juga angka paling rendah. Biasanya, tayangan langsung The Oscars mendapat rating di atas 21.

Itu tentu bukan semata salah pihak Oscars. Secara umum, penonton televisi memang menurun. Grammy Awards saja, yang bertabur penampilan musisi papan atas, hanya ditonton 19,8 juta orang, terendah dalam 9 tahun terakhir.

”Habit orang nonton TV sudah bergeser,” tutur Preston Beckman, konsultan media, seperti dikutip Los Angeles Times.

Saat ini anak-anak muda lebih suka melihat film atau serial dari layanan streaming daripada menghabiskan empat jam untuk menonton seremoni awards.

Tidak ada yang mampu mengangkat pamor Academy Award di mata penonton televisi. Ditayangkan di ABC, jumlah pemirsa yang menontonnya secara live melorot drastis.

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News