Aceh Harus Tampil jadi Pelopor Reformasi Birokrasi

Aceh Harus Tampil jadi Pelopor Reformasi Birokrasi
Aceh Harus Tampil jadi Pelopor Reformasi Birokrasi
JAKARTA - Provinsi Nangroe Aceh Darusalam diharapkan bisa tampil menjadi pilot project reformasi birokrasi dan menjadi pelopor bagi daerah lain. Harapan ini disampaikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Abubakar dalam sosialisasi ke 'kampungnya' sendiri.

“Saya berharap Aceh bisa tampil menjadi pilot project reformasi birokrasi dan menjadi pelopor bagi daerah lain. Kalau ini bisa, tentu akan sangat membanggakan,” kata Azwar dalam keterangan persnya, Sabtu (3/12).

Terkait moratorium CPNS, Azwar menekankan perlunya Pemprov Aceh melakukan penghitungan kembali jumlah dan kebutuhan PNS berdasarkan analisa jabatan dan analisa kebutuhan kerja. Hasil perhitungan PNS tersebut sangat penting, karena ke depan hal itu akan menjadi dasar dalam penataan kepegawaian.

Jumlah PNS secara nasional yang saat ini mencapai 4,7 juta, dinilainya terlalu banyak, meskipun rasionya masih 1,98. Dari jumlah itu, selain persebarannya tidak merata, kompetensinya juga masih rendah.Hal itu terjadi karena dalam rekrutmen CPNS, selama ini selalu dihadapkan pada berbagai kepentingan, sehingga masih banyak ditemui banyak penyalahgunaan wewenang.

JAKARTA - Provinsi Nangroe Aceh Darusalam diharapkan bisa tampil menjadi pilot project reformasi birokrasi dan menjadi pelopor bagi daerah lain.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News