Ada Apa dengan Megawati dan Rini Soemarno?

Ada Apa dengan Megawati dan Rini Soemarno?
Megawati Soekarnoputri. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Pakar psikologi politik dari Universitas Indonesia (UI) Dewi Haroen mengapresiasi pidato politik Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri saat membuka Kongres IV partainya di Denpasar, 9 April kemarin. Isi pidato yang dimaksud khususnya berkaitan dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Menurut Dewi, kritik Megawati terhadap BUMN ini sangat bernas dan juga berdampak luas. Buktinya, hingga hari ini, pidato politik Megawati masih menjadi pembicaraan publik.

"Pidato politik Bu Mega soal BUMN ini menggeletarkan banyak pihak karena memiliki karakter yang sangat kuat," kata Dewi Haroen di Jakarta, Kamis (16/4).

Menurut dia, yang harus digarisbawahi dalam pidato Megawati adalah soal pentingnya pengawasan yang lebih ketat  kepada BUMN seperti Pertamina, yaitu masalah kerjasama atau kontrak karya dengan pihak asing.

Begitu juga soal dorongan BUMN kenapa mesti diarahkan ke pasar modal. "Mestinya BUMN bisa lebih berdikari atau mandiri begitu kata Bu Mega," ujar Dewi.

Hal ini bertentangan dengan kemandirian BUMN. Selain itu, hal tersebut bisa dipahami karena dengan diarahkan ke pasar modal bisa jadi semakin memicu kerawanan pasar modal, menimbulkan mafia-mafia insider trading, dan kejahatan keuangan lainnya.

"Sayangnya Menteri BUMN Rini Soemarno tidak ikut hadir mendengarkan pidato Mega. Hingga saat ini saya masih menyimpan pertanyaan besar, mengapa Rini Soemarno, orang yang awalnya dekat dengan Megawati tidak ada di sana," tanya dia.

Dia mengatakan, sejumlah pertanyaan masih berada di benak publik. Misalnya, mengapa Rini Soemarno itu kini seolah-olah menjauh dari Megawati? Mengapa Megawati mengkritik kebijakan Rini, dan benarkah Rini dinilai Mega sudah jauh dari nilai-nilai Nawa Cita. "Pertanyaan seperti itu, kini menjadi pertanyaan publik," kata Dewi. (boy/jpnn)


JAKARTA - Pakar psikologi politik dari Universitas Indonesia (UI) Dewi Haroen mengapresiasi pidato politik Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News