Ada Besuk Kiamat dari Wako Solo untuk Keluarga Besan Jokowi

Ada Besuk Kiamat dari Wako Solo untuk Keluarga Besan Jokowi
Pemberangkatan jenazah Didit Supriyadi dari rumahnya menuju PU Purwoloyo, Pucangsawit, Solo Jateng. Foto: Ari Purnomo/JawaPos.com

jpnn.com, SOLO - Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo hadir di rumah duka almarhum Didit Supriyadi, yang tidak lain besan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Rabu (4/4). Selain menyampaikan rasa belasungkawa kepada keluarga almarhum, Rudy juga memberikan surat Besuk Kiamat dari Pemkot Solo.

Besuk Kiamat merupakan akronim dari belasungkawa kirim akta kematian. Program itu merupakan salah satu unggulan Pemkot Solo yang pernah dipimpin Jookowi.

"Jadi setiap ada warga yang meninggal, langsung diberikan Besuk Kiamat. Ini sebagai bentuk pelayanan Pemkot Solo," ujar Rudy usai melayat di rumah almarhum, Rabu (4/4).

Lebih lanjut Rudy mengatakan, dengan adanya surat itu maka otomatis ada pembaharuan pada KTP elektronik dan kartu keluarga (KK) almarhum. Dengan demikian, pihak keluarga tidak perlu datang ke Balai Kota Solo untuk mengurus akta kematian.

"Jadi di KTP istrinya sudah tertulis cerai meninggal, begitu pula dengan keterangan di KK. Kami memang jemput bola untuk ini," katanya.

Rudy menambahkan, Besuk Kiamat juga diberikan kepada warga Solo lainnya. Penyerahannya bisa melalui lurah ataupun pejabat pemerintahan lainnya.

"Kalau di Solo ada sembilan warga yang meninggal, langsung kami berikan akta kematian. Yang memberikan bisa saya, pak lurah, pak camat atau yang lainnya," ungkanya.

Almarhum Didit Supriyadi dimakamkan di TPU Purwoloyo, Pucangsawit, Solo siang tadi. Terlihat mengiringi pemberangkatan jenazah antara lain Ibu Negara Iriana Jokowi beserta putranya, Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda.(apl/JPC)


Besuk Kiamat merupakan akronim dari belasungkawa kirim akta kematian yang menjadi program Pemerintah Kota Solo di bidang layanan kependudukan.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News