JPNN.com

Pilpres 2024

Ada Kans Sejumlah Menteri Bakal Bersaing Jadi Pengganti Jokowi

Senin, 18 Januari 2021 – 21:41 WIB
Ada Kans Sejumlah Menteri Bakal Bersaing Jadi Pengganti Jokowi - JPNN.com
Direktur Eksekutif Indonesia Political Review Ujang Komarudin. Foto: arsip JPNN.COM/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Ujang Komarudin menilai sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju berpeluang diusung sebagai kandidat pada Pemilihan Presiden 2024.

Menurutnya, para pembantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di kabinet pemerintahan saat ini yang punya kans menjadi calon presiden (capres) ataupun calon wakil presiden (cawapres) antara lain Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini, serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga S Uno.

"Jadi, para menteri Jokowi itu saya pikir dapat menjadi satu klaster yang berpeluang maju sebagai capres dan cawapres di Pemilihan Presiden 2024 mendatang," ujar Ujang kepada JPNN.Com, Senin (18/1).

Dosen di Universitas Al Azhar Indonesia itu menambahkan, di luar nama-nama menteri itu juga ada figur lain yang berpeluang maju di Pilpres 2024.

"Klaster para menteri itu tidak sendiri, ada ada klaster lain yang juga bisa maju, seperti ketua umum partai, kepala daerah, pengusaha, atau eks TNI/Polri," ucapnya.

Namun, ada dua nama menteri yang juga menjadi ketua umum partai yakni Prabowo dan Airlangga. Saat ini Prabowo merupakan ketua umum Gerindra, sedangkan Airlangga memimpin Golkar.

"Nama-nama yang masuk dalam klaster-klater yang ada sepertinya masih pasang kuda-kuda. Masih lihat-lihat situasi politik. Jika momentumnya ada dan ketemu, pasti akan muncul ke publik," pungkas Ujang.(gir/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...