Ada Mahluk Hidup di Bawah Benua Antartika

Ada Mahluk Hidup di Bawah Benua Antartika
Ada Mahluk Hidup di Bawah Benua Antartika
MOSCOW--Para ilmuwan memperkirakan ada mahluk hidup di bawah lapisan es Benua Antartika."Mungkin ada beberapa hewan kompleks yang hidup di Danau Vostok, yang terletak sekitar 4 km di bawah lapisan es Antartika," ujar salah satu ilmuwan dalam  jurnal PLoS One, yang dikutip BBC (8/7).

Hasil pengeboran lapisan es, ilmuwan menemukan tanda organisme seperti bakteri yang sering dikaitkan dengan moluska laut, krustasea dan bahkan ikan. Namun, bisa jadi materi organik ini mungkin juga merupakan kontaminasi di masa lalu.

Para ilmuwan mengakui, dasar Antartika berisi jaringan sungai kompleks dan diduga dihuni banyak organisme berdasar jejak mereka yang telah ditemukan. Organisme ini mungkin telah terseret ke danau Vostok dari lautan es Artartika.

Pertama kali diidentifikasi pada 1956 oleh Rusia dan dipetakan pada 1990-an oleh Inggris. Vostok meliputi area seluas 15 ribu km persegi, dan di tempat-tempat tertentu memiliki kedalaman hingga 800 m.

MOSCOW--Para ilmuwan memperkirakan ada mahluk hidup di bawah lapisan es Benua Antartika."Mungkin ada beberapa hewan kompleks yang hidup di Danau

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News