Ada Maklumat: Pemilu DPD di Sumbar Tidak Sah Tanpa Irman Gusman

Ada Maklumat: Pemilu DPD di Sumbar Tidak Sah Tanpa Irman Gusman
Ilustrasi pemilihan umum. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Kuasa hukum Irman Gusman Arifudin mengeluarkan maklumat terbuka yang menyebutkan Pemilu Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Sumatera Barat 2024 bakal cacat hukum.

Maklumat atau pengumuman itu tertuju kepada masyarakat di Sumbar dan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Keabsahan atas hasil pencoblosan 14 Februari 2024 yang akan datang tanpa didasari keputusan yang baru, adalah cacat yuridis, dan potensial pasti menimbulkan permasalahan hukum baru,” kata Arifudin.

Dia menjelaskan, KPU tidak melaksanakan putusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN), yang memerintahkan memasukkan Irman Gusman dalam Daftar Calon Tetap (DCT) Pemilu DPD Sumbar.

Menurutnya, KPU seharusnya melaksanakan perintah pengadilan tanpa syarat.

Dengan keluarnya putusan PTUN Jakarta, kata Arifudin, DCT Pemilu DPD 2024 yang dipakai tidak memiliki kekuatan hukum lagi, karena telah dibatalkan oleh PTUN Jakarta. Sehingga seharusnya KPU merevisi DCT tersebut sesuai dengan perintah pengadilan.

"Sikap KPU ini berpotensi memunculkan sengketa pemilu, baik yang akan disengketakan Irman Gusman maupun Calon Anggota DPD Sumbar yang kalah dalam perolehan suara kepada Mahkamah Konsitusi (MK). Demikian maklumat terbuka ini disampaikan demi terselenggaranya pemilu yang jujur, adil, dan bermartabat,” kata Arifudin.

Dalam perkara penolakan KPU melaksanakan putusan PTUN untuk memasukkan nama Irman Gusman dalam DCT Pemilu 2024, pihak Irman sudah melaporkan kepada Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP). Irman melaporkan ketua maupun anggota KPU telah melakukan pelanggaran kode etik berat.

Menurut Arifudin, KPU tidak melaksanakan putusan PTUN yang memerintahkan memasukkan Irman Gusman dalam DCT Pemilu DPD Sumbar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News