Ada Penghargaan Bagi Pencapaian Pemerintah Daerah, Mendagri Bilang Begini

Ada Penghargaan Bagi Pencapaian Pemerintah Daerah, Mendagri Bilang Begini
Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian Muhammad Tito Karnavian. Foto: dokumentasi Kemendagri

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menyambut baik apresiasi atas pencapaian pemerintah daerah.

Menurut Tito, agenda apresiasi tersebut membantu Kementerian Dalam Negeri dalam mengevaluasi dan mendampingi pemerintah daerah di seluruh Indonesia.

"Kategori-kategori yang masuk dalam apresiasi ini sangat berhubungan dengan apa yang kami evaluasi dan pendampingan dari Kementerian Dalam Negeri,” kata Tito dalam acara Apresiasi Tokoh Indonesia di Hotel Ritz Carlton, Mega Kuningan, Jakarta, Selasa, (29/8).

Kategori pada Apresiasi Nusantara, Apresiasi Tokoh Indonesia: dari daerah untuk Indonesia maju, ini meliputi infrastruktur, peningkatan kualitas sumber daya manusia, pembangunan di daerah 3T, hingga penjabat kepala daerah.

Tito mengatakan, setiap kepala daerah mesti memahami apa-apa saja urusan pemerintah pusat yang mutlah dan urusan pemerintahan umum yang menjadi wewenang konkuren pemerintah daerah.

Dia juga menyinggung bagaimana demokrasi berjalan, khususnya dalam pemilihan umum kepala daerah atau pilkada.

Dengan pilkada, maka demokrasi berjalan karena kepala daerah dipilih langsung oleh rakyat dan memiliki legitimasi yang kuat.

Namun terdapat juga sisi negatifnya yakni politik berbiaya tinggi, di mana calon kepala daerah harus mengeluarkan modal dalam proses pencalonan sampai resmi menjadi kepala daerah.

Apresiasi ini merupakan penghargaan bagi pemerintah daerah yang menjadi mitra Tempo dan membuka kesempatan untuk menyampaikan kepada publik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News