Ada Ribuan Anggota NII di Sumbar, Didik Mukrianto Demokrat Bilang Begini

Ada Ribuan Anggota NII di Sumbar, Didik Mukrianto Demokrat Bilang Begini
Politikus Partai Demokrat (PD) Didik Mukrianto. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat, Didik Mukrianto angkat bicara terkait banyaknya warga Sumatera Barat yang diduga jaringan Negara Islam Indonesia.

Dia meminta akar masalah kemunculan kelompok teroris Negara Islam Indonesia (NII) Sumatera Barat yang berniat menggulingkan pemerintah sebelum Pemilu 2024 digali secara utuh.

Menurut Didik, langkah itu perlu dilakukan guna mengetahui apakah penyebab sebenarnya kemunculan kelompok tersebut.

"Harus juga digali secara utuh akar permasalahannya. Apakah memang murni 'perang ideologi' atau ekspresi kekecewaan terhadap rasa keadilan publik?" kata Didik saat dihubungi wartawan, Selasa (19/4).

Dia menjelaskan Indonesia merupakan negara yang menganut ideologi Pancasila dan menjadi tantangan ialah rasa ketidakadilan dan ketidakmerataan kesejahteraan, penyelenggara negara yang bertindak sewenang-wenang, hingga praktik korupsi yang makin marak terjadi. 

Kepala Departemen Hukum dan HAM DPP Demokrat itu juga menyebutkan isu kebudayaan global dan ideologi asing yang masuk dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sebagai akibat dari keterbukaan informasi juga termasuk dalam tantangan bagi kelangsungan Pancasila sebagai ideologi negara.

"Jika memang ada ancaman nyata dan serius terhadap ideologi bangsa ini memang menjadi perhatian serius yang perlu diwaspadai," tuturnya. 

Namun, dia mengingatkan aparat penegak hukum tidak boleh gegabah, serta harus berindak hati-hati dan terukur dalam menyimpulkan gerakan nyata yang ingin melawan pemerintah dan ideologi negara.

Anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat, Didik Mukrianto meminta akar masalah NII di Sumatera Barat digali secara utuh.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News