Ada SMA Negeri, Guru PNS Hanya Satu, Lainnya Honorer

Ada SMA Negeri, Guru PNS Hanya Satu, Lainnya Honorer
Guru dan siswa SMA. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, GORONTALO - Rencana Pemprov Gorontalo melakukan redistribusi guru menjadi 'angin segar' bagi sekolah-sekolah yang berada di pelosok.

Data sementara Dinas Dikbudpora Provinsi Gorontalo menyebutkan, untuk SMA ada kurang lebih lima sekolah yang dikategorikan terpencil. Pada sekolah tersebut sangat kekurangan guru.

Sehingga dengan adanya mutasi untuk pemerataan guru, sekolah-sekolah tersebut bisa mendapat perhatian untuk menjadi prioritas penambahan guru.

Misalnya untuk jenjang SMA. Di Kabupaten Bone Bolango, yaitu SMAN 1 Pinogu. Sekolah ini hanya memiliki 5 orang guru, 1 berstatus PNS yang merupakan guru Bahasa Inggris dan merangkap sebagai kepala sekolah, sementara sisanya adalah guru non PNS.

Pada sekolah tersebut masih sangat membutuhkan guru beberapa mata pelajaran lainnya.Kemudian di SMAN 1 Bulango Ulu, hanya ada 12 guru, 2 PNS dan 10 non PNS.

Di Gorontalo Utara (Gorut) ada SMAN 10 Gorut yang ada di wilayah Tolinggula. Hanya memiliki12 guru, 4 PNS dan 8 orang non PNS. Di Boalemo, yaitu SMAN 1 Paguyaman Pantai.

Di sekolah ini memiliki guru sebanyak 24 orang, masing-masing 10 PNS dan 14 non PNS. Sementara di Pohuwato, ada SMAN 1 Popayato Barat yang jaraknya cukup jauh dari ibukopta kabupaten.

SMAN 1 Popayato Barat hanya memiliki 6 orang guru, masing-masing 1 guru PNS dan 5 guru non PNS.

Rencana Pemprov Gorontalo melakukan redistribusi guru menjadi 'angin segar' bagi sekolah-sekolah yang berada di pelosok.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News