Ada Usulan Syarat WHV Diubah, Petani di Australia Barat Jadi Takut Kekurangan Pekerja

Ada Usulan Syarat WHV Diubah, Petani di Australia Barat Jadi Takut Kekurangan Pekerja
Muncul kekhawatiran perubahan visa tersebut akan mengurangi jumlah 'backpacker' di kawasan Australia Barat. (ABC Rural: Eliza Goetze)

Para petani di Australia Barat yang bergantung pada tenaga kerja musiman akan punya tantangan baru kalau mau mempertahankan bisnis mereka.

Mereka sedang khawatir jika aturan kerja bagi 'backpacker' serta skema kerja bagi warga dari Kepulauan Pasifik akan diubah, karena ini bisa mempengaruhi jumlah tenaga kerja.

Setelah melewati proses peninjauan terhadap sistem migrasi Australia, ada rekomendasi agar pemerintah Austalia membatasi masa berlaku Working Holiday Visa (WHV) menjadi hanya satu tahun.

Hal ini lebih diusulkan ketimbang memberikan kesempatan kepada peserta WHV untuk memperpanjang visa mereka, kalau bekerja di bidang yang memenuhi syarat selama 88 hari di wilayah regional.

Rekomendasi ini muncul setelah ada penyelidikan yang menyoroti eksploitasi para peserta WHV.

Meski Pemerintah Australia belum mengambil keputusan dari rekomendasi ini, skema Mobilitas Buruh Australia dengan peserta warga dari kepulauan Pasifik (PALM) sudah pasti akan berubah.

Perubahan tersebut mengharuskan pekerja di Kepulauan Pasifik untuk diberikan minimal 30 jam kerja setiap pekannya.

Dampaknya bagi petani

Sebanyak 50 persen dari tenaga kerja salah di kebun pisang milik Doriana Mangili di Australia Barat adalah peserta WHV.

Kalau aturan WHV Australia jadi diubah, para petani khawatir mereka akan kekurangan pekerja karena orang-orang akan berhenti datang ke kawasan regional Australia Barat

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News