Ada WNA Ikut Masuk Karantina di Natuna, Begini Penjelasan Menkes Terawan

Ada WNA Ikut Masuk Karantina di Natuna, Begini Penjelasan Menkes Terawan
Petugas medis memeriksa kesehatan WNI dari Wuhan, RRT, setibanya di Pangkalan Udto:ara Raden Sajad, Pulau Natuna, Kepulauan Riau. Foto : Antara/HO-Kementerian Luar Negeri RI

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menilai tak ada yang salah terkait keberadaan satu warga negara (WN) asing yang ikut dikarantina bersamaan dengan 238 WN Indonesia dari Tiongkok.

Menurut Terawan, satu WNA itu tidak melanggar aturan, termasuk soal keimigrasian.

"Sah saja. Kan orang dari Eropa datang ke Indonesia, sah, endak?" kata Terawan saat ditemui di Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa (4/2).

Meski demikian, Terawan menjelaskan, satu WNA itu ikut dievakuasi karena istrinya merupakan salah satu dari 238 WNI itu. Terawan juga menekankan bahwa satu WNA itu bukan warga Tiongkok.

"Dia bawa anak dua, sama istrinya orang Indonesia. Kamu tega enggak ninggalin suaminya. Ya, enggak mungkin kan, dia bukan WN Tiongkok. Dia WN dari Eropa," kata Terawan.

Terawan tidak mengetahui kewarganegaraan satu WN asing itu. Hanya saja, Terawan memastikan orang itu berkulit putih alias bule.

"Yang jelas orang bule. Waktu itu kan saya hanya melihat," jelas Terawan.

Kendati demikian, mantan Kepala RSPAD Gatot Subroto ini menegaskan bahwa pihaknya ingin melakukan misi kemanusiaan. Terawan tidak tega apabila mengangkut satu keluarga tanpa seorang bapak.

Satu WNA ikut dievakuasi dan menjalani masa karantina serta observasi bersama 238 WNI di Natuna.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News