Adi: Hanya Jokowi dan Tuhan yang Tahu Siapa Menteri Bakal Kena Reshuffle

Adi: Hanya Jokowi dan Tuhan yang Tahu Siapa Menteri Bakal Kena Reshuffle
Pengamat politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta Adi Prayitno. Foto: Ist

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Adi Prayitno mengomentari wacana reshuffle kabinet yang dilontarkan Presiden Jokowi, pada pidato pembukaan sidang kabinet paripurna di Istana Negara, sebagaimana diunggah kanal YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (28/6).

Menurut Adi, sulit untuk mengetahui siapa yang kemungkinan bakal di-reshuffle. Karena mengganti menteri merupakan hak prerogatif presiden. 

"Persisnya, hanya Jokowi dan Tuhan yang tahu soal siapa yang bakal direshuffle," ujar Adi kepada jpnn.com, Selasa (30/6).

Dosen di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarief Hidayatullah, Jakarta ini kemudian bercerita sepanjang pengamatannya di periode pertama kepemimpinan Jokowi.

Menurutnya, ultimatum reshuffle sering dikemukakan presiden. Namun, nama-nama yang akhirnya di-reshuffle tak signifikan sebagaimana digembar-gemborkan.

"Nah, sekarang ujung ancaman reshuffle itu ke mana? Hanya sekadar mengkritik menterinya atau serius reshuffle," ucapnya. 

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia ini lebih lanjut mengatakan, dalam panggung politik, apa yang diucapkan seorang pemimpin bisa malah yang terjadi kebalikannya.

"Bisa saja kencang isu reshuffle, tetapi malah tak ada apa pun. Jadi, tak bisa berspekulasi soal menteri yang akan diganti," ucapnya.

Pengamat politik Adi Prayitno mengomentari wacana reshuffle kabinet yang dilontarkan Presiden Jokowi, pada pidato pembukaan sidang kabinet paripurna di Istana Negara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News