Adopsi Teknologi Daring Agar Bisnis Bisa Bersaing

Adopsi Teknologi Daring Agar Bisnis Bisa Bersaing
Ilustrasi. BCA for jpnn.com

SERING kemajuan teknologi, perusahaan seharusnya juga terus melakukan perubahan agar tetap bisa bersaing. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengadopsi teknologi untuk menjalankan usaha.

Mengadopsi teknologi akan membuat pasar bisnis lebih terbuka. Selain itu, jangkauan konsumen lebih luas, serta meningkatkan kapasitas produksi. 

Teknologi saat ini sudah terbukti mampu mempermudah kehidupan manusia. Dengan teknologi pula, bisnis bisa menjadi makin bersaing. 

Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri juga mengakui, munculnya usaha menggunakan aplikasi daring (online) tak terbendung lagi.

Karenanya, bila bisnis konvensional ingin memiliki daya saing lebih, mereka perlu meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM).

“Masyarakat harus mengikuti perkembangan dunia yang makin kompetitif,” kata Hanif.

Meski demikian, ia juga bilang untuk tidak melupakan industri konvensional. Karenanya, Hanif berharap agar perusahaan konvensional bisa mengimbangi perkembangan teknologi, terutama untuk meningkatkan kualitas SDM.

Langkah ini untuk antisipasi dampak negatif implementasi teknologi dan informasi di industri serta agar bisnis bisa dikelola dengan baik.

“Dampak negatif yang muncul harus bisa diantisipasi dengan baik oleh pemerintah dan pengusaha. Perkembangan industri modern makin kompetitif dan menuntut SDM yang lebih bersaing pula,” katanya.

Salah satu cara untuk meningkatkan kompetensi SDM adalah melalui pelatihan kerja. Memiliki SDM yang kompetitif akan mampu meminimalisir dampak negatif dari persaingan bisnis. (adv/bca)


SERING kemajuan teknologi, perusahaan seharusnya juga terus melakukan perubahan agar tetap bisa bersaing. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News