Afghanistan Minta Dana Jangka Panjang

Karzai Janji 2014 Kontrol Keamanan

Afghanistan Minta Dana Jangka Panjang
Presiden Afghanistan Hamid Karzai. Foto : REUTERS
KABUL - Presiden Afghanistan Hamid Karzai menegaskan kembali komitmennya untuk mengambil alih kontrol keamanan nasional pada 2014. Karena itu, dia meminta agar para sekutu internasionalnya mendonasikan uang dalam jangka panjang dengan memprioritaskan Afghanistan.

Mengenakan jubah tradisional bergaris dan topi bulu, Karzai memaparkan bahwa Afghanistan dan sekutu baratnya menghadapi "musuh berbahaya yang sama". Namun, dia meyakinan bahwa kemenangan akan diraih dan Afghanistan bakal memegang kontrol penuh dalam perang melawan pemberontak di perbatasan.

 

"Saya tetap yakin pasukan keamanan Afghanistan akan mampu memegang kontrol militer dan penegakan hukum di seluruh penjuru negeri pada 2014," tegasnya. Target tersebut tiga tahun lebih cepat dari rencana Presiden AS Barack Obama untuk memulai penarikan pasukan dari Afghanistan.

 

Sekretaris Jenderal NATO Anders Fogh Rasmussen menyatakan, pasukan aliansi tidak akan membiarkan Taliban melengserkan pemerintahan Afghanistam. Menurut dia, transisi pengalihan kekuasaan militer kepada pemerintah Afghanistan akan bergantung pada kondisi, bukan target jadwal. "Misi kami hanya akan berakhir jika rakyat Afghanistan mampu menjaga keamanan mereka sendiri," tegas Fogh seperti dikutip Associated Press.

 

KABUL - Presiden Afghanistan Hamid Karzai menegaskan kembali komitmennya untuk mengambil alih kontrol keamanan nasional pada 2014. Karena itu, dia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News