Agus DS, Pendongeng Berkelas Internasional Memberi Pelatihan di TBM Bukit Duri Bercerita

Agus DS, Pendongeng Berkelas Internasional Memberi Pelatihan di TBM Bukit Duri Bercerita
Pendongeng Agus Djafar Sodik alias Agus DS ketika memberi pelatihan mendongeng di Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Bukit Duri Bercerita di kawasan Bukit Duri Tanjakan III/8 Jakarat Selatan, Jumat (4/6). Foto: TBM Bukit Duri Bercerita

jpnn.com, JAKARTA - Panggung pertunjukan boneka, baik di dalam maupun di luar negeri pernah ‘dikuasai’ oleh pendongeng Agus DS.

Pemilik nama lengkap Agus Djafar Sodik kelahiran 4 Desember 1960 ini memang sudah malang melintang di panggung dongeng.

Dia menggunakan boneka sebagai media utama berkomunikasi dengan penonton.

Pengalaman Agus DS di panggung dongeng dengan media boneka ini ternyata lebih dari segudang. Butuh waktu panjang untuk mendengar, atau perlu berhalaman untuk membaca kisahnya.

Bagaimana tidak. Semenjak 1979, Kementerian Pendidikan di bawah kepemimpinan Daud Yusuf telah menobatkan Agus DS berturut-turut sebagai pendongeng terbaik se-Indonesia sampai 1985. Bahkan sampai dinyatakan tak boleh ikut lomba lagi.

Agus DS akhirnya beranjak ke tingkat Asia. Dimulai 1986 di Thailand, lalu 1988 di Jepang, 1993 di India, 1996 di Jepang lagi, sampai akhirnya Agus DS bermukim di Jepang beberapa tahun karena dikontrak sebagai pemain panggung boneka di salah satu team boneka Ohanashi Carafan Tsubasa yang dipunyai oleh satu keluarga Toshio dan Yumiko.

Di sana dia mengantongi gelar sebagai Master Of The Storyteller karena juga mendalami Rakugo (Dongeng Tradisuonal Jepang).

“Wah pokoknya banyak deh pengalaman keliling ke banyak negara negara di Asia,” tutur Agus DS ketika memberi pelatihan mendongeng di Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Bukit Duri Bercerita di kawasan Bukit Duri Tanjakan III/8 Jakarat Selatan, Jumat (4/6).

Agus DS sudah malang melintang di panggung dongeng dengan menggunakan boneka sebagai media utama berkomunikasi dengan penonton.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News