Agustiar Sabran Mengajak Masyarakat Meneladan Cara Nabi Muhammad Berpolitik

Agustiar Sabran Mengajak Masyarakat Meneladan Cara Nabi Muhammad Berpolitik
Agustiar Sabran. Foto: source for JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kalimantan Tengah Agustiar Sabran mengatakan nilai utama dari maulid Nabi Muhammad saat ini ialah mempererat persatuan dan kesatuan di tengah masyarakat Indonesia.

"Dari perjalanan hidupnya, Rasullullah telah memberikan contoh kepada umat manusia tentang persatuan dan kesatuan," katanya.

Agustiar mengingatkan kembali tentang peristiwa kala Nabi Muhammad mempersaudarakan Anshar dan Muhajirin.

"Kedua kelompok ini dipersaudarakan di atas prinsip kebenaran, persamaan, dan hak saling mewarisi harta," ujarnya.

Tak cuma mempersaudarakan sesama pemeluk Islam, Rasulullah juga menginisiasi persatuan dan perdamaian lintas agama seperti perjanjian damai dengan Bani Dlamrah, suluh Hudaibiyah, dan beberapa perjanjian lainnya.

Agustiar menyebut kejadian itu merupakan jalan terbaik yang Rasulullah upayakan guna menciptakan persaudaraan, persatuan, dan solidaritas keagamaan di muka bumi.

"Oleh karena itu, apa yang telah diperjuangkan Rasulullah, seharusnya menjadi teladan bagi umat Islam saat ini, untuk lebih mempererat tali persaudaraan dan persatuan," katanya.

"Sehingga kerukunan dan kedamaian bisa dirasakan oleh siapa pun, termasuk oleh bangsa multikultural seperti Indonesia ini," imbuh Agustiar.

Agustiar Sabran mengatakan nilai utama dari maulid saat ini ialah mempererat persatuan dan kesatuan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News