Ahok Batalkan Banding, Perkara Terus Berproses

Ahok Batalkan Banding, Perkara Terus Berproses
Basuki T Purnama alias Ahok pada persidangan Pengadilan Negeri Jakarta Utara (PN Jakut) di Auditorium Kementerian Pertanian, Selasa (9/5). Agenda persidangan adalah pembacaan vonis perkara penodaan agama. Foto: Ricardo/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Basuki T Purnama telah membatalkan upaya banding untuk melawan putusan Pengadilan Negeri Jakarta Utara (PN Jakut) yang menyatakannya bersalah dalam perkara penodaan agama. Ahok -panggilan akrabnya- juga sudah mencabut upaya banding yang telah didaftarkan.

Humas PN Jakut Hasoloan Sianturi mengatakan, pihaknya tidak mengetahui alasan Ahok mencabut upaya banding. Pasalnya, kuasa hukum gubernur DKI nonaktif itu juga tak menjelaskannya.

"Banding sudah dicabut. Pengadilan Jakarta Utara ‎tidak mengetahui alasan pencabutannya," ujar Hasoloan saat dihubungi, Senin (22/5).

Namun demikian, masih ada lagi permohonan banding tentang Ahok. Sebab, kejaksaan juga mengajukan banding atas putusan PN Jakut yang menghukum Ahok dengan dua tahun penjara.

"Jadi perkara banding berproses karena JPU (jaksa penuntut umum, red) juga mengajukan banding," katanya.

Sekadar informasi, Ahok diseret ke proses hukum karena ucapannya tentang ‘dibohongi pakai Almaidah 51’ di Kabupaten Kepulauan Seribu pada 27 September 2016. Ahok pun menjalani persidangan.

Hingga akhirnya pada 9 Mei 2017, majelis hakim Pengadilan Jakarta Utara (PN Jakut) menjatuhkan hukuman dua tahun penjara kepada Ahok. Mantan bupati Belitung Timur itu dinyatakan bersalah melakukan penodaan agama sebagaimana Pasal 156a KUHP.(cr2/JPG)


Basuki T Purnama telah membatalkan upaya banding untuk melawan putusan Pengadilan Negeri Jakarta Utara (PN Jakut) yang menyatakannya bersalah dalam


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News