JPNN.com

AHY vs Moeldoko, Siapa Pemenang di Babak Akhir?

Sabtu, 06 Maret 2021 – 16:43 WIB
AHY vs Moeldoko, Siapa Pemenang di Babak Akhir? - JPNN.com
Ketua Umum Partai Demokrat (PD) Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY dalam jumpa pers di Jakarta, Jumat (5/3). AHY merupakan ketua umum hasil Kongres V PD di Jakarta, Maret 2020.

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Emrus Sihombing menganalisis kekuatan politik Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Moeldoko dalam memperebutkan dukungan kader Partai Demokrat (PD) usai Kongres Luar Biasa (KLB) Deli Serdang, Sumatera Utara.

AHY merupakan figur ketua umum PD hasil Kongres V 2020, sedangkan Moeldoko ditetapkan sebagai pimpinan partai berlambang bintang mercy di KLB Deli Serdang, Jumat (5/3) kemarin.

AHY vs Moeldoko, Siapa Pemenang di Babak Akhir?Moedoko.Foto: Instagram/dr_moeldoko

"Dua kekuatan ini ke depan, secara politik akan sama-sama melakukan konsolidasi ke dalam merebut dukungan dari kader dan pengurus Demokrat," ucap Emrus dalam keterangannya, Sabtu (6/3).

Emrus memandang sosok AHY akan sangat mudah mendapat dukungan luar biasa dari kader dan pengurus jika satu tahun masa kepemimpinannya demokratis, mendapat simpati, bikin nyaman, merangkul dan dialogis.

Sebaliknya, putra sulung Susilo Bambang Yudhoyono SBY) itu bakal mengalami kendala bila kepemimpinannya bikin kader tidak nyaman. Misalnya dengan adanya pemecatan-pemecatan terhadap pengurus dan anggota partai.

"Maka faksi AHY akan mengalami kesulitan bahkan akan memeras keringat dan sumber daya lainnya untuk memperoleh dukungan," sebut Emrus.

Sebab, kata Emrus, seluruh gaya kepemimpinan AHY selama ini sudah tertanam dalam peta kognisi dan rasa pada setiap kader dan jajaran pengurus PD yang menentukan tingkat loyalitas.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...