Ajak Semua Elemen di Kampar Cegah Karhutla, AKBP Didik: Kita Pasti Bisa

Ajak Semua Elemen di Kampar Cegah Karhutla, AKBP Didik: Kita Pasti Bisa
FGD jajaran Polres Kampar terkait pencegahan Karhutla. Foto: Humas Polres Kampar.

jpnn.com, KAMPAR - Polres Kampar bersama Polsek Tapung Hulu gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait pencegahan dan penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Sabtu (20/5).

"Tapung Hulu itu salah satu wilayah rawan Karhutla. Kami fokuskan sosialisasi dan memberikan bekal menangani Karhutla kepada masyarakat yang lokasinya rawan,” kata Kapolres Kampar AKBP Didik Priyo Sambodo kepada JPNN.com Minggu (21/5).

Pihaknya juga melakukan tindakan preemtif dan preventif. Dengan cara mendata, serta pengecekan berkala embung, sumur bor sebagai sarana utama untuk pemadaman api ketika Karhutla terjadi.

“Kami juga memberikan pemahaman terkait dampak hukum yang akan dihadapi masyarakat jika membakar lahan  dan mengakibatkan Karhutla,” lanjutnya.

AKBP Didik memberikan contoh yang disampaikan kepada masyarakat salah satunya adalah membersihkan lahan dengan membakar, kemudian apinya meluas bisa dipidana dengan pasal 188 KHUP.

"Mari semangat dan bersinergi dalam mencegah dan menangani Karhutla. Mari bekerjasama untuk kebaikan bersama,” pungkasnya. (mcr36/jpnn)

Antisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Polres Kampar gencar lakukan sosialisasi kepada masyarakat agar menjaga lingkungan bersama.


Redaktur : Budianto Hutahaean
Reporter : Rizki Ganda Marito

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News